ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL



Bisnis harus menyadari tanggung jawabnya terhadap para pemangku kepentingan perusahaan dan membuat keputusan yang mencerminkan tanggung jawab ini --- Stakeholder Benefit.
“STAKEHOLDERS BENEFIT”
Stakeholders :

   Internal (“orang dalam”) : pihak yang berkepentingan secara langsung terlibat dalam kegiatan perusahaan
        --- pemegang saham, manajer, karyawan, dll
   Eksternal (“orang luar”) : pihak yang berkepentingan tidak secara langsung terlibat dalam kegiatan perusahaan
        --- konsumen, masyarakat, pemerintah, lingkungan hidup, dll


       “STAKEHOLDERS BENEFIT”
       Paham stakeholders membuka perspektif baru dalam pendekatan tujuan bisnis/perusahaan
       Stakeholders benefit lebih mencerminkan keseimbangan tujuan perusahaan dalam rangka memenuhi tuntutan semua pihak yang berkepentingan.

                     TANGGUNGJAWAB
TERHADAP PELANGGAN
         Perusahaan memiliki tanggungjawab sosial ketika menghasilkan produk dan menjual produknya.
         Konsekuensinya :
     Praktik Produksi yang Bertanggung Jawab
      Produksi yang menjamin keselamatan pelanggan
      Memiliki label peringatan semestinya untuk mencegah efek samping negatif.
     Praktik Penjualan yang Bertanggung Jawab
      Pedoman harga yang semestinya
      Periklanan yang beretika
      Lakukan survei kepuasan pelanggan
       MEMASTIKAN TANGGUNGJAWAB PERUSAHAAN TERHADAP PELANGGAN
Bebepa langkah yang perlu ditempuh :
   Menetapkan Kode Tanggung Jawab (Kode Etik Perusahaan)
q   Perusahaan menerbitkan pedoman yang berisi mengenai bagaimana karyawan, pelanggan dan pemilik selayaknya harus diperlakukan..
        Beberapa langkah yang perlu ditempuh untuk memastikan tanggungjawab terhadap pelanggan :
(……lanjutan)
   Memantau Keluhan.
            Perusahaan memberikan nomor akses yang pasti jika pelanggan memiliki keluhan mengenai kualitas produk dan perlakuan yang diterima dari karyawan perusahaannya.

        Beberapa langkah yang perlu ditempuh untuk memastikan tanggungjawab terhadap pelanggan :
(……lanjutan)
   Memperoleh dan Menggunakan Umpan Balik Pelanggan.
            Perusahaan dapat meminta pelanggan untuk memberikan umpan balik atas produk/jasa yang baru saja mereka beli untuk mendeteksi kualitas produk dan costumer service
       PERANAN KONSUMERISME
       Konsumerisme (consumerism) adalah permintaan kolektif oleh pelanggan agar bisnis memenuhi kebutuhan mereka.
    Fenomena konsumerisme populer mulai th 60-an
    Perkembangan kini perusahaan justru memfasilitasi sebagai strategi marketing untuk mencapai product minded yang lebih realistis.
§  HAK-HAK KONSUMEN :

Hak-hak konsumen meliputi :
    Konsumen memiliki hak atas keselamatan
    Konsumen memiliki hak untuk memperoleh informasi
    Konsumen memiliki hak untuk memilih
    Konsumen memiliki hak untuk didengarkan


       PERANAN PEMERINTAH
                 Pemerintah berperan memastikan bahwa perusahaan memenuhi tanggungjawabnya kepada pelanggan melalui berbagai kebijakan.
Kebijakan mengenai Keamanan Produk
Kebijakan mengenai Iklan
Kebijakan mengenai Persaingan Industri
          2. TANGGUNGJAWAB TERHADAP KARYAWAN.

                 Perusahaan memiliki tanggungjawab untuk memastikan :
    Keselamatan para karyawannya
    Perlakuan yang semestinya oleh karyawan lain
    Peluang yang setara bagi semua karyawan.
       a. Keselamatan Karyawan.
                 Menyediakan fasilitas kerja yang aman bagi karyawan dengan memantau secara ketat proses produksi
             Tempat kerja yang representatif
             Peralatan dengan faktor keamanan yang memenuhi syarat
             Savety working : misal : masker, sabuk pengaman, kaos tangan, sepatu boot, dll


                        Perlakuan yang semestinya oleh karyawan lain.
   Memahami keragaman – mengintegrasikan karyawan dengan berbagai latar belakang berbeda agar belajar bekerja bersama guna mencapai tujuan bersama perusahaan.
     Gender, pandangan politik, keyakinan,  dll
    Mencegah terjadinya pelecehan
     Pelecehan seksual, dll
                        Peluang yang setara
   Perusahaan tidak dibenarkan melakukan diskriminasi :
     Asal daerah/negara, suku, gender, dll
     Tindakan Afirmatif (afirmative action) : sekelompok tindakan yang dimaksudkan untuk meningkatkan peluang bagi kaum minoritas dan wanita.
       HAK SEBAGAI PEKERJA :
Beberapa hak pekerja a.l :
    Hak atas pekerjaan
    Hak atas upah yang adil
    Hak untuk berserikat dan berkumpul
    Hak atas perlindungan Keamanan dan Kesehatan
    Hak untuk diproses hukum secara sah
    Hak untuk diperlakukan secara sama
    Hak atas rahasia pribadi
    Hak atas kebebasan suara hati
       MEMASTIKAN TANGGUNGJAWAB PERUSAHAAN TERHADAP PELANGGAN
Bebepa langkah yang perlu ditempuh :
    Menetapkan Kode Tanggung Jawab (Kode Etik Perusahaan)
q   Aturan main bagi perusahaan dan karyawan perlu dituangkan dalam kode etik perusahaan
    Kebijakan mengenai keluhan
             Memfasilitasi proses mediasi
             Akses yang mudah bagi karyawan menyampaikan keluhan
             Forum bagi karyawan untuk menyuarakan aspirasinya.

                        TANGGUNGJAWAB TERHADAP PEMEGANG SAHAM
       Manajemen yang baik akan berusaha meningkatkan kinerja perusahaan secara etis sehingga berdampak pada kenaikan harga saham dan perolehan dividen.
     Memastikan dana dari investor digunakan dengan sebaik-baiknya
     Transparan dan acountable pada pemegang saham.
     Menghindari high cost management
                        TANGGUNGJAWAB KEPADA KREDITOR
       Wajib memenuhi tanggungjawab keuangan kepada kreditor.
       Bila ada masalah keuangan diinformasikan kepada kreditor --- penundaan jatuh tempo, saran perbaikan kondisi keuangan.
       Hindari rekayasa untuk meningkatkan limit kredit.
       Konsekuensi bila wanprestasi --- perusahaan dipaksa pailit.
                        TANGGUNGJAWAB TERHADAP LINGKUNGAN
       Meminimalkan dampak polusi :
   POLUSI UDARA :
     Akibat proses produksi dan produk yang dihasilkan pasti mengakibatkan polusi udara.
     Mengubah poses produksi shg meminimalkan CO2 yang dilepaskan ke udara.
     Gerakan sadar lingkungan efek rumah kaca, pemanasan global.
     Aturan standar tingkat toleransi polusi udara


§   Meminimalkan dampak polusi…. (lanjutan)
   POLUSI TANAH :
     Akibat limbah padat maupun cair selama produksi
     Akibat hasil produk yang tidak ramah lingkungan
     Mengubah proses produksi shg meminimalkan  limbah kimia cair yang berbahaya.
     Standarisasi AMDAL --- Membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)
     Mengelola limbah padat (tidak bisa membusuk)
     Memanfaatkan produk daur ulang
                        TANGGUNGJAWAB TERHADAP KOMUNITAS
        Perusahaan menjadi bagian dari komunitas ketika mendirikan bisnisnya di suatu komunitas dan mengandalkan komunitas tsb sbg konsumen dan karyawannya.
    Perusahaan dituntut mempunyai kepekaan sosial terhadap komunitasnya
    Turut meningkatkan kualitas sosial komunitasnya
    Mendirikan prasarana pendukung bagi komunitasnya

       
      SIKAP OBSTRUKTIF
         Pendekatan terhadap tanggung jawab sosial yang melibatkan tindakan seminimal mungkin dan mungkin melibatkan usaha-usaha menolak atau menutupi pelanggaran yang dilakukan
      SIKAP DEFENSIF
         Pendekatan tanggung jawab sosial yang ditandai dengan perusahaan, hanya memenuhi persyaratan hukum secara minimum atas komitmennya terhadap kelompok dan individu dalam lingkungan sosialnya
      SIKAP AKOMODATIF
         Pendekatan tanggung jawab sosial yang diterapkan suatu perusahaan, dengan melakukannya, apabila diminta, melebihi persyaratan hukum minimum, dalam komitmennya terhadap kelompok dan individu dalam lingkungan sosialnya.
      SIKAP PROAKTIF
         Pendekatan tanggung jawab sosial yang diterapkan suatu perusahaan, yaitu secara aktif mencari peluang untuk menyumbang demi kesejahteraan kelompok dan individu dalam lingkungan sosialnya
       SUMMARY
    Perusahaan memiliki tanggungjawab untuk menghasilkan produk yang aman dan menjual produk tanpa menyesatkan pelanggan. Memastikan tanggungjawab sosial kepada pelanggan dengan menetapkan kode etik, memantau keluhan pelanggan dan meminta pelanggan dengan umpan balik atas produk yang baru mereka beli.
    Perusahaan mempunyai tanggungjawab menyediakan lingkungan kerja yang aman, perlakuan wajar dan peluang yang setara untuk semua karyawan. Bentuk tanggungjawab perusahaan kepada karyawan dengan memberlakukan pedoman keselamatan kerja, menawarkan seminar/forum mengenai keragaman, dan menetapkan prosedur untuk menampung keluhan



       SUMMARY….…………(LANJUTAN)
    Perusahaan mempunyai tanggungjawab untuk memuaskan pemegang saham yang menyediakan dana dengan memastikan bahwa dana digunakan secara efisien dan proporsional sesuai peruntukannya.
    Perusahaan mempunyai tanggungjawab kepada kreditornya, tidak hanya dalam hal pelunasan hutangnya tetapi juga memberikan informasi yang layak dan tidak menyesatkan mengenai kondisi perusahaan.
       SUMMARY….…………(LANJUTAN)
    Perusahaan mempunyai tanggungjawab untuk memelihara lingkungan yang bersih ketika menjalankan bisnisnya. Konsekuensinya perusahaan akan terbebani secara finansial.
    Perusahaan mempunyai tanggungjawab sosial terhadap komunitasnya dimana perusahaan tersebut menarik pelanggan dan karyawannya. Perusahaan diharapkan mampu memberikan sumbangan yang bermanfaat bagi komunitasnya.


powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme